NEWS DETAIL

Kerja Part Time di Jepang (Arubaito)

Kalau mendengar kata 'part time' di Jepang, pastinya Anda tidak asing dengan istilah Arubaito, bukan? Arubaito, atau yang biasa disingkat menjadi baito, berasal dari bahasa Jerman yaitu 'Arbeit' yang berarti "Bekerja".
Di Jepang kata ini tidak berarti bekerja dalam jangka waktu full time, melainkan hanya bekerja part time atau paruh waktu. 


Poin utama baito di Jepang adalah:

1. Residence card yang disertai pernyataan izin kerja di Jepang                                                                                          2.  Kemampuan bahasa Jepang min. level N3
3. Pelajar asing hanya diperbolehkan bekerja part time selama 28 jam/minggu.
4. Gaji baito berkisar antara JPY 800 ~ JPY 1,200/jam


Di daerah pusat kota seperti Tokyo, range gaji berkisar JPY 900~ JPY 1,000, sementara untuk wilayah di luar pusat kota biasanya hanya berkisar antara JPY 800~ JPY 900).

Info arubaito bisa dicari sendiri melalui website, majalah gratis yang ada di stasiun/convenience store. Baik siswa Jepang ataupun asing yang sedang belajar di Jepang, membiayai kehidupan sehari-hari dengan upah dari kerja part-time, namun umumnya sekolah atau institusi akan tetap memonitor absensi. Hal ini dilakukan agar siswa yang kerja part-time juga tidak melupakan kewajiban belajarnya.